Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Sabtu, September 06, 2014

Cara membuat Antena TV Sederhana

Antena TV anda sinyalnya kurang maksimal, tayangan menjadi buram alias kesemutan, sudah diputar-putar kesegala arah tetap saja penerimaan tv nya jelek. atau malah anda belum memiliki antena untuk menonton siaran lokal atau anda memiliki antena yang sudah sangat rusak dan tidak layak pakai lagi?.

Berikut cara membuat antena TV sederhana untuk keperluan darurat namun sangat mumpuni kualitasnya. Anda hanya memerlukan beberapa bahan yang bisa anda dapatkan disekitar anda seperti :
  • Tiang Kayu  dengan panjang seadanya (semakin panjang semakin baik)
  • Paku kecil buat terminal kabel dapat juga untuk memaku kayunya nanti
  • Kawat tunggal bekas jemuran atau yang masih bagus atau kawat tembaga dari kabel yang kulit luarnya dikupas.
  • Gergaji potong (jika perlu ada yg dipotong)
  • Kabel antena bekas yang lama
  • Konektor antena ke TV yg masih baik.

Cara mengerjakan dan bahan-bahannya :
Ambil kayu yang sudah dipotong  ukuran besar/diameter  2,5 cm-3 cm dgn panjang 75-80cm Ambil ujung kayu yang panjang dan paku bagian tengan potongan kayu tadi ke ujung tiang yg panjang ini. Ambil kawat/Kabel tembaga ukuran 75 cm, ikat dibagian ujung bagian kayu yang dipasang menyilang tadi (gunakan paku kecil untuk mengikatnya). Kemudian lakukan untuk bagian sebelahnya. Kemudian tarik kabel/kawat tadi kebagian tengan tiang seukuran panjang kawat/kabel (lakukan juga utk kawat yang sebelahnya, gunakan paku kecil untuk mengikatkannya) hati hati pada bagian ini jangan terlalu dekat jaraknya agar kabel yang diikat tersebut tidak bersentuhan. Maka setelah kawat / kabel tadi sudah terikat ddi kedua pakunya maka anda dapat langsung memasang kabel Coax (kabel TV) dengan cara dililitkan juga namun dengan terlebih dahulu dikupas secara benar dan rapi. Posisikan Serabut dan isi dalam kabel coax tidak bersentuhan dan dipisahkan kemudian di ikatkan ke masing masing paku kecil tadi (Bagian Tengahnya. Untuk lebih jelasnya seperti gambar berikut ini.

terpasang dikayu
cara pemasangan
Pasang Kabel coax TV dengan benar seperti gambar dibawah ini dan Pasang Kabel pada Konektor to TV juga dengan benar :
serabut dipisah

konektor antena

Antena ini pernah saya coba buat sendiri di rumah saat belum memiliki antena yang lebih bagus seperti yang ditoko toko, dan hasilnya sangat memuaskan, anda boleh mencobanya. Antena ini memiliki bentuk V yang baik untuk range frekuensi VHF dan UHF.

Demikian cara membuat Antena TV Sederhana, semoga anda juga bisa berkreasi di saat darurat.
Baca Juga Membuat Antena TV Sederhana dengan box listrik T-DUS

Back To Top