Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Sabtu, September 13, 2014

Memperbaiki Antena TV Remot

Apakah antena TV remote itu? Jawabnya adalah antena tv dengan fasilitas remote yang sekarang banyak dijual di toko-toko. Sekarang mari kita bahas saja bersama bersama Pasang Kabel apa itu antena TV remote dan bagaimana cara memperbaiki antena tv remote.

antena dengan remote putar

Antena tv remote  sangat bagus menerima sinyal televisi  VHF maupun UHF antena ini dilengkapi penguatan sinyal rf yang baik dan dilengkapi motor penggerak antena untuk mencari arah pemancar dan yang lebih keren lagi antena remote ini di fasilitasi dengan remote control sehingga kita tidak perlu repot repot memencet tombol manualnya atau memutar-mutar antena nya.

Untuk menggerakkan menggunakan motor penggerak, meskipun dengan daya kecil namun mampu menggerakkan antena yang di letakan di atas tiang tinggi. Uniknya tegangan untuk supply motor juga disalurkan untuk penguat (booster) sehingga sangat efesien dalam penggunaannya. Tetapi jangan sekali kali memposisikan antena tersebut pada posisi miring sebab akan membuat beban putaran menjadi berat saat memutar antena. Selain itu antena jenis ini rawan dengan sambaran petir atau korslet pada bagian RF atau catunya.

Anda tentunya sudah pernah mengalami masalah penerimaan dengan antena ini yang tiba-tiba tidak dapat menerima sinyal seperti biasa alias tidak dapat sinyal (hanya raster) atau kelihatan hanya semuuut.

Ada beberapa penyebab mengapa itu terjadi, baiknya sama-sama kita simak.

Penyebab kerusakan antena remote :
  1. Sambaran Petir (tidak langsung)
  2. Panas atau beban yang berlebihan dari antena disebabkan pemasangan yang miring atau terhambat putarannya oleh benda disekitar pemasangan antena.
  3. Kabel antena yang tidak baik lagi digunakan atau terputus dari dalam (jack antena)
  4. Transformator/Trafo  (power supply) yang telah  putus
Tentunya no 1,2 dan 4  adalah penyebab yang saling berkaitan satu sama lain.

Dari 4 point penyebab di atas besar kemungkinan Trafo power supplynya yang menjadi korban, Nah untuk memperbaiki antena remote sebaiknya segera periksa trafonya sebab antena remote jenis ini rotatornya tidak tersesia fuse sebagai pengaman nya.

Cara mengetahui kerusakan trafo Antena TV Remote :
  1. Lepas semua sekrup  mesin rotator antena (yaitu box indoor) jangan lupa lepas juga colokan listriknya.
  2. Gunakan multimeter posisilkan ke Ohm meter (1-10x)
  3. Cek input trafo bagian tegangan jala-jala listrik (AC) atau bagian primernya jika multimeter tidak bergerak berarti gulungan primernya putus.
  4. Jika bergerak ke nilai Ohm tertentu berarti gulungan primernya baik.
  5. Lakukan juga pengecekan Bagian Output Trafo Jika Ohm meter tidak bergerak berarti gulungan sekunderya putus begitu sebaliknya.
trafo 20v


Jika salah satu Input atau output (Primer atau sekunder trafo) putus maka trafo tersebut harus diganti dengan yang baru atau di lem biru saja.

Untuk mengganti Trafo sebaiknya perhatikan nilai sebuah Elko yang ada di sekitar dioda pernyearah jika pada elko tertulis nilai 220Uf/25 volt maka trafo yang rusak dapat diganti dengan trafo baru dengan tegangan sekundernya 20Vac, jangan lupa cari trafo dengan ukuran fisik yang sama yaitu trafo stepdown 200mA tanpa CT (center Tap).

Nah demikian sedikit cara memperbaiki Antena tv remot. Jika Sinyal tak kunjung bening coba baca ini Selamat Menonton kembali.

loading...
Back To Top