Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Senin, Maret 09, 2015

Cara Cek Kapasitor Motor Listrik

Kapasitor atau condensator pada peralatan elektronik dirumah umumnya mudah rusak kapasitor tersebut biasanya ada pada peralatan elektronik yang menggunakan motor penggerak seperti dinamo contoh  mesin Kulkas,  mesin pompa air, mesin bor listrik jika ada,  kipas angin dan lain sebagainya yang digolongkan dalam peralatan motor listrik 1 Phasa.

Bagi yang sudah mengerti cara mengukur kapasitor menggunakan avo meter atau multimeter biasanya tidak mengenal cara ini, cara ini dimaksudkan untuk orang awam. 

Kapasitor dimaksud adalah kapasitor motor atau yang biasa juga disebut kapasitor motor AC 1 phasa. Fungsinya sendiri sebagai torsi awal untuk menggerakkan motor namun setelah berputar (inisiasi) maka kapasitor tersebut tidak lagi bekerja. Atau dengan bahasa yang lebih teknis sebagai penyuplai daya reaktif (VAR) untuk beban induktif. Jenis kapasitor ini biasanya berkapasitas rendah namun tegangannya lebih tinggi dari voltase arus bolak balik PLN yaitu 300V ke atas. Bentuk umumnya seperti pada gambar di bawah ini.

Kapasitor Bank

Nah langsung saja kita praktekkan cara termudah mengetahui kondisi kapasitor dimaksud :
1. Lepas terlebih dahulu kapasitor yang menempel di peralatan mesin cuci, kulkas atau mesin pompa anda (kabelnya jangan dipotong terlalu pendek).
2. Setelah dilepas pastikan serabut di ujung kabel masih terbuka.
3. Dekatkan pada stop kontak listrik (220v) dirumah anda lalu masukkan ujung kabel tadi kemasing-masing lubang (+) dan (-) stop kontak secara bersamaan, lakukan dengan hati hati dan jangan menyentuh ujung kabel yang terbuka (bahaya setruman).
4. Cabut kembali dari colokan/stop kontak setelah beberapa detik namun jangan dulu menyentuh ujung kabel dengan tangan terbuka (bahaya setrum) kemudian sentuhkan kedua ujung kabel kapasitor tadi. perhatikan apakah ada percikan apinya, jika ada berarti kapasitor tersebut masih baik, namun jika percikannya terlalu kecil atau tidak ada percikan sama sekali dapat dipastikan kapasitor sudah bermasalah alias harus diganti.
Kapasitor Motor

Lakukan pengetesan kapasitor seperti ini :

Tes Kapasitor Motor

Cara ini tidak boleh dipraktekkan pada kapasitor bertegangan dibawah 220 V, kecuali jika anda ingin membuat suasana seperti Tahun baru  Imlek dan menjadikan kapasitor sebagai pengganti Petasan.!!!
Ingat, jika mau mengganti kapasitor motor (dinamo) sebaiknya perhatikan faktor dayanya, sebab  kapasitor yang terpasang pada mesin listrik tersebut sudah memiliki perhitungan dari pabrik yang telah disesuaikan konsumsi dayanya, usahakan jangan beda jauh dari aslinya, jadi gantilah dengan kapasitor yang sesuai dengan kapasitor yang telah rusak tadi. Perhitungan daya yang tepat pada setiap mesin tadi dapat anda cari di perambah google, mudah-mudahan ketemu rumusnya.

Cara memasang kapasitor pada dinamo :
Setelah kita mengetahui cara mengecek kerusakan kapasitor listrik, ada baiknya kita juga harus mengetahui cara memasang kapasitor untuk alat listrik yang menggunakan dinamo (contoh mesin pompa air, mesin kulkas, mesin cuci dsb).
Kapasitor motor dapat dipasang sembarang arah dan tidak ada pengaruhnya terhadap kinerja alat, karena sistem kerja motor dengan menggunakan kapasitor  motor ini, kapasitor hanya sebagai pembeda sudut fasa listrik yang menyebabkan perggerakan dinamo, inilah mengapa kapasitor motor mempunyai kapasitas tegangan lebih besar.

Selamat Tahun Baru Imlek.
Back To Top