Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Jumat, Maret 27, 2015

Kerusakan Memori RAM yang tersembunyi

Kerusakan komputer tanpa beeps sound

Kita pernah mempelajari bagaimana sistem kerja CPU atau PC atau komputer mulai dari saat dihidupkan hingga masuk ke tampilan windows. Satu kecanggihan dari self repair CPU adalah tersedianya alarm warning (beep) jika CPU mengalami masalah pada hardware. 

Anda tentu pernah mengalami masalah PC mengeluarkan bunyi beep dengan kode tertentu, saat komputer mengalami masalah hardware dan muncul bunyi beep (bip) itu berarti salah satu atau beberapa hardware di dalam CPU bermasalah contoh beep muncul pada saat memori RAM (Random Access Memory) tidak terpasang atau rusak, atau hardisk yang terpasang sudah mulai rusak.

Namun pada kasus tertentu terkadang nada beep tersebut tidak muncul, contoh kerusakan RAM bagaimana kita dapat menganalisa kerusakannya?

Tips mengetahui kerusakan memory RAM 

Jika kita terbiasa menganalisa kerusakan komputer (CPU/PC) dengan metode beep sound, saat CPU bermasalah (contoh komputer tidak dapat dihidupkan) namun tidak ada tanda beep yang terdengar padahal kipas CPU berputar normal, asumsi kita langsung pada kerusakan CPU (Processor atau motherboard) atau PSU (power supply) dan tidak mencurigai RAM atau yang lainnya. Nah berikut saya berikan tips mencari kerusakan CPU dengan kasus kerusakan memory RAM :

1. Lepas dulu Battery Cmos yang ada di motherboard. selang 10 detik pasang lagi dan coba hidupkan lagi, jika belum ada tanda tanda layar meyala atau tidak ada tampilan bios ulangi kembali dengan mencabut kabel power listriknya beserta battery cmosnya kemudian pasang kembali dan hidupkan lagi.

melepas Cmos Battery

2. Cara kedua adalah  dengan melepas semua Memori RAM, kemudian hidupkan CPU tanpa memori RAM perhatikan dan dengarkan suara beepnya, jika beep terdengar dengan nada tertentu berarti Motherboard anda masih baik. 

melepas memori RAM


Pada cara kedua dapat dipastikan memori RAM mengalami masalah (rusak), namun jika pada PC anda terpasang 2 buah RAM  pasa slotnya jangan dulu di vonis kedua batang RAM nya rusak, coba pasang 1 buah memori terlebih dahulu kemudian hidupkan komputer anda, jika masalah masih sama tidak ada beep atau ada beepnya dan PC tidak menyala, berarti RAM ini benar rusak, kemudian coba lepas dan ganti dengan RAM yang kedua jika kondisinya sama dengan yang pertama maka RAM kedua juga dapat dinyatakan rusak, barulah dapat diganti kedua-duanya.Namun pada kasus pemakaian 2 buah atau lebih memori RAM biasanya salah satu batang RAM nya saja yang tidak dapat berfungsi dan anda hanya perlu mengganti 1 buah RAM saja.
loading...
Back To Top