Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Kamis, Maret 26, 2015

Memperbaiki kipas angin

Kematian kipas angin tentu meninggalkan kesedihan mendalam pada penghuni rumah. Bagi kita yang tinggal di daerah tropis kehadiran makhluk yang satu ini sangat membantu untuk menghalau panas, dengan kelembapan udara tropis seperti di indonesia siapa yang tahan berpanas panasan tanpa kipas angin di saat udara lagi panas panasnya. 

Saat kipas angin rusak kita langsung beranggapan dinamo nya putus atau terbakar, padahal banyak penyebab kipas angin menjadi tidak lagi berfungsi diantaranya :

  1. Kipas angin mati karena kondensator motor atau elkonya rusak. Gejalanya jala-jala listrik normal namun gerakan kipas seperti seret (susah bergerak) seperti siput, terdengar berdengung kecil.
  2. Kipas angin mati karena lahernya rusak gejalanya jala-jala listrik masuk, kipas kadang bisa bergerak kadang tidak dapat bergerak dan menimbulkan suara berisik keras saat berputar.
  3. Kipas angin mati karena kabelnya putus tidak terlihat, gejalanya kipas kadang hidup normal namun kadang mati seperti tidak ada aliran listrik yang masuk.

Cara memperbaki kerusakan kipas angin :

 kipas angin

  • untuk nomer satu diatas caranya adalah dengan membuka rumah kipas angin, cari kondensator motornya atau elkonya, biasanya berbentuk hitam 4 persegi panjang kira-kira 3-4 cm mempunyai 2 kabel. Cara mengetahui kerusakannya adalah dengan membaca artikel Cara Cek Kapasitor Motor Listrik.
kapasitor motor kipas angin

  • untuk kerusakan kipas angin nomer dua caranya adalah bongkar rumah tempat dinamo kipas angin, sesudah terbuka anda dapat menggoyang goyang perlahan batang rotor dinamonya, jika rotor terasa bergerak ke sisi kiri kananya maka dapat dipastikan laher kipas anginnya sudah aus dan perlu dilepas dan diganti baru.
bearing kipas angin

  • Nah untuk kerusakan ketiga di atas dapat dicek dengan cara mengganti sementara kabelnya atau gunakan avo meter atau multimeter, (posisikan Avo pada pengukuran Ohm meter x1 - x10 Ohm) tempel salah satu probe (jarum nya) ke ujung steker kabel dan probe satunya ke ujung kabel di dalam kipas angin, lakukan juga untuk kabel satunya, juika salah satu jalur kabel yang diukur tidak menggerakkan jarum penunjuk avo meter berarti salah satu kabelnya putus dan harus diganti baru.
alat ukur mutimeter



Cara merawat kipas angin biar awet : 
Bersihkan dengan rutin kipas angin anda dari debu yang menempel di perisai  pengaman baling-baling, termasuk membersihkan balinng-balingnya dari debu yang menempel.
Perhatikan cara menempatkan kabel kipas angin, jangan sampai terlalu sering terjepit dan tertarik oleh gerakan kipas angin, sehingga jika kabel sering bergerak mengikuti pergerakan (swing) kipas angin lambat laun serabut yang ada di dalam kabel akan putus dengan sendirinya.

Demikian cara memperbaiki kipas angin semoga bermanfaat
Back To Top