Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Selasa, Maret 31, 2015

Cara Memasang dan Setting LNB dengan mudah

Sesuai judul diatas "Cara Setting LNB Mudah" adalah benar adanya bahwa memasang LNB pada titik fokus antena parabola itu sangat mudah.  Selain sudah dijelaskan pada artikel Cara Memasang Antena Parabola, dan Cara Pasang LNB yang benar di kesempatan ini PASANG KABEL akan berbagi tips dan trik memasang LNB dengan mudah yang tentunya dengan cara yang sederhana.

Mudah berarti tidak sulit, dan apa sebenarnya yang membuat sulit memasang LNB Parabola?.
Ada beberapa penyebab sulitnya memasang LNB parabola :
  1. LNB dipasang pada dish yang sudah terpasang pada tiang antena repotnya lagi sudah terpasang di atas atap rumah sehingga semakin sulit untuk setting posisi LNB.
  2. Yang kedua tentunya belum ada keberanian untuk mencoba sendiri.
Pertanyaannya bagaimana cara mudah memasang LNB ?,
Agar pemasangan dan penyetelan LNB menjadi lebih mudah ikuti cara sederhana sebagai berikut :
  1. Siapkan peralatan seperlunya seperti Waterpass, obeng, magnetik kompass, tang potong dsb.
  2. Siapkan LNB, penyangga dan bracket LNB, serta tiang antenanya.
  3. Siapkan dish atau antena parabolanya.
  4. Siapkan kabel coax serta digital receiver.
  5. Siapkan kabel listrik (stop kontak) panjang agar dapat ditempatkan diluar rumah atau tempat terbuka lainnya. sebab pemasangan LNB tidak bisa dilakukan di dalam ruangan tertutup atau terhalang atap rumah namun harus di luar rumah.
  6. yang terakhir adalah siapkan wadah seperti bekas drum atau gentong dengan permukaan bundar dan lebar dan tidak lebih tinggi dari 50 cm.
Cara mengerjakannya 1 :

  1. Letakkan wadah tadi ditempat terbuka yang tidak terhalang oleh pepohonan atau atap maupun gedung rumah.
  2. Posisi permukaan wadah harus bundar dan datar !.  
  3. Letakkan dish antena di atas wadah tadi di posisi tepat ditengah (namun terlebih dahulu penyangga dan bracket LNB sudah terpasang pada dish).
  4. Kemudian pasang LNB dengan memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam artikel Cara Memasang Antena Parabola,
  5. Pasang kabel dan sambungkan ke input digital receivernya serta siapkan pemasangan ke tv nya dan cari menu receivernya, dan siap-siap tracking satelitnya.
Timbul pertanyaan lho kok sama aja cara pasangnya, ga ada bedanya..?? pasti jadi tambah penasaran bukan ? jadi apa kemudahannya ?

Kemudahan pemasangan dan penyetelan LNB disini adalah kita tidak perlu repot-repot turun naik ke atap rumah atau menggunakan tangga untuk melakukan penyetelan LNB, dengan jarak tidak kurang dari 1 meter penyetelan LNB dapat kita lakukan sambil ngopi dan layar TV pun dapat terlihat jelas.

Cara mengerjakannya 2 :
  1. Cara mencari atau tracking satelitnya adalah dengan menggeser geser kedudukan dish di atas wadah tadi,  akan tetapi yag harus diingat adalah arah geseran tersebut harus mengikuti arah timur - barat (elevasi),  dan agar posisi "azimuth" tidak berubah anda dapat menandai posisi wadah arah timur dan arah barat dengan tongkat atau dengan spidol kemudian tandai juga bagian dish parabola pada sisi yang akan diarahkan ke timur dan barat.
  2. Jangan lupa untuk menyetel kedalaman LNB pada bracketnya hingga mendapatkan signal tertinggi.
  3. Jika sudah mendapatkan sinyal tertinggi dari satelit yang di tracking tadi cobalah untuk menandai posisi LNB pada bracket tadi karena antena tersebut nantinya akan kita pasang pada tiang antena yang sudah disiapkan (mungkin sudah disiapkan di atas atap rumah atau balkon rumah) ingat pemasangan tiang antena harus tegak lurus, kuat dan tegap.
  4. Jika anda ingin bereksperimen memasang LNB lebih dari satu, anda hanya perlu menyiapkan bracket tambahan (dapat dibeli yang sudah jadi atau dibuat sendiri).
  5. Jika sudah siap lepas kembali kabel coax dari LNB kemudian dish dapat anda pasang ke tiang antena yang sudah dipersiapkan.
untuk lebih jelasnya pemasangan LNB yang mudah dapat dilihat pada gambar berikut ini.

cara mudah pasang LNB
Back To Top