Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Rabu, Mei 20, 2015

Jenis Kerusakan PSU Komputer

Penyebab Kerusakan Komputer

Hati-hati dengan pc dirumah jangan biarkan hidup pada saat tidak digunakan, berbahaya saat tiba-tiba listrik dari PLN mati, apalagi jika dirumah anda pc tidak menggunakan UPS atau Stabilizer, listrik mati mendadak merupakan Penyebab Kerusakan Komputer soalnya cara matinya Listrik dari PLN tidak terduga, terkadang matinya mendadak, itu malah bagus, namun jika matinya listrik diawali dengan meningkatnya tegangan listrik kemudian baru mati atau matinya PLN dengan cara yang sangat ekstrim yaitu tegangan drop (mengecil) dengan perlahan hingga di bawah 200V ac. Jangankan PC terkadang lampu penerang rumah juga akan terancam KO. Kalau ga percaya gunakan alat dimmer lampu bohlam, pasangkan dengan lampu neon TCL, perhatikan dan rasakan peningkatan suhu pada lampunya semakin lama makin tinggi,  tinggal tunggu KO aja.

Lampu mahal, Perangkat PC dan elektronik mahal, perawatan menjadi mahal, sudah itu bayar listrik juga mahal, hehe... Tapi ingat anda juga harus belajar berhemat, tidak ada gunanya mengeluh, tentang mahalnya bayar listrik, cari saja penyebabnya, biasanya kesalahan ada pada kita. Kalau ga ada listrik repot juga loh, karena listrik sudah merupakan suatu kebutuhan pokok untuk "orang-orang kota" seperti kita, hehe. 

PLN penyebab PSU Rusak
Kerusakan Pada PSU

Jenis Kerusakan Komputer oleh Listrik 

Saya ada sedikit pengalaman tentang kerusakan PC yang disebabkan oleh matinya PLN secara mendadak. Jenis Kerusakan Komputer oleh Listrik  ini berawal dari keinginan saya untuk mengganti Hardisk PC yang sudah "kronis krik". Krik adalah bunyi dari hardisk yang mengalami kondisi bad sector, pekerjaan jadi lambat buka internet juga menjadi lambat, tentunya pengaruhnya banyak sekali. Saat mau berangkat ke Toko Komputer tiba tiba listrik mati, kebetulan PC dalam keadaan menyala, namun pada saat itu saya belum terfikir yang akan terjadi pada PC saya. Setelah Lampu menyala barulah saya lanjutkan niat untuk mencari barang dimaksud. Pulang dari berbelanja keperluan tadi, saya langsung menghadap PC dan memasang Hardisk dengan menacapkan kabel power dan kabel data SATA-nya. berikut kondisinya :
  • Saat PC saya nyalakan fan Processor berputar normal 
  • Saat pembacaan bios dan Memory terlewati, namun pada saat pembacaan Hardisk, PC tiba-tiba mati dan Fan Processor berhenti berputar.
  • Saya coba beberapa kali dan dengan berbagai cara seperti membalik kabel data HDD SATA, melepas HDD baru yang tadi saya pasang, atau hanya memasang HDD yang baru, atau melepas semua HDDnya, mereset Biosnya, dsb. namun apatah daya semua tidak ada yang berhasil, dan keringat bercucuran membasahi pipi. hingga 1 1/2 jam lebih sedikit.
  • Kecurigaan muncul pada Power Supply PC, lalu ingat ada stok PSU baru yang belum digunakan dan masih segel. Naik ke lantai atas dan langsung bongkar segel plastik dan Operasi berlanjut dengan mengganti PSU lama ke PSU baru..
  • Horee..BERHASIL dan jadilah PC dengan HDD baru serta PSU baru (sambil menggeleng-gelengkan kepala). 
loading...
Back To Top