Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Kamis, Mei 21, 2015

Mencari dan nge-lock Satelit Optus

Pernah dengar khabar dari Satelit OPTUS? pasti sudah pada tau bukan, apalagi karena isu kanalnya yang menarik. Pemburuan kanal "Goyang Gergaji" nya hingga sekarang semakin seru,  apalagi jika Satelitnya sudah bisa di lock sudah tentu menjadi kepuasan tersendiri.

Sedikit informasi mengenai posisi satelit Optus, terutama Optus D1, saya yakin sekarang ini Antena Parabolanya sudah mengarah ke sana semua, maklum indonesia ini paling jago dengan acara ngintip yang gituan, hehe.. jangan tersinggung bro, tenang saja selera kita sama.

Saya ingin berbagi gambar tentang cara mencari dan nge-lock satelit optus, mengukur derajat serta memastikan anda sudah menemukan satelit Optus D1 yang begitu fenomenal tersebut.

Gambar Peta Posisi Satelit Measat 5 dan Optus D1 untuk menikmati kanal "wow" dengan melihat perbandingan jarak orbit dari Satelit Palapa D.

Gambar Arah antena parabola untuk men
Jarak satelit 3 Satelit Wanted

Sedangkan perkiraan Derajat (sudut elevasi) arah Satelit Optus D1 adalah sebagai berikut :
Arah Parabola Optus D1
Gambar arah parabola ke Satelit Optus D1 (klik untuk memperbesar)

dari gambar di atas anda hanya perlu menyesuaikan dimana lokasi anda berada, karena kebetulan saya berdomisili di Kota Pontianak, maka saya contohkan analisis derajat elevasi Optus D1 dari kota tersebut. 

Untuk wilayah Indonesia bagian Selatan (dari garis khatulistiwa) agar menggeser sedikit azimuth antena parabolanya ke arah Utara. Sedangkan yang berada di wilayah Utara (dari garis khatulistiwa) harap menggeser sedikit azimuth antena parabolanya ke arah Selatan. 

Beam Satelit Optus D1
Memperhatikan gambar no. 1 di atas, jelas sekali bahwa arah layanan satelit lebih ke Benua Australia, namun untuk Indonesia bagian timur sepertinya tidak menjadi masalah besar, yang pasti akan mendapat cipratan signal yang sangat kuat dari satelit Optus D1. Nah bagi pemburu Optus D1 di Indonesia bagian Barat  bukan berarti tidak bisa tapi tentunya lebih berusaha lagi. Sama halnya dengan Satelit Thaicom 5 yang bisa ditrack dari wilayah Indonesia bagian timur.

Cara tracking Satelit Optus D1 
Jika anda mempunyai Antena parabola prime fokus minimal 6 feet, dan mempunyai LNB C-Band, anda dapat terlebih dahulu mencoba mencari Satelit yang memiliki kanal dengan frekuensi C Band yang berdekatan dengan Optus D1, contoh Satelit ABS 6, dimana ABS 6 memiliki kanal Sport 5 dengan menggunakan frekuensi 3.888 Mhz, Pol:V, SR: 3480, atau frekuensi 3.897 Mhz, Pol :V, SR:4445 jangan lupa pilih pencarian All Channel/semua kanal.

Sebagaimana penjelasan diatas arahkan terlebih dahulu Dish Parabola ke arah timur (titik point seperti gambar no 1 di atas) sekitar 45°. Pada menu receiver DVB buatlah satelit baru dengan nama Optus kemudian isikan frekuensi TP sesuai frekuensi tadi, atau lengkapi juga dengan SID dan VPID nya. Jika menu TP menggunakan Bar indikator signal tentu akan lebih mudah mengetahui ada tidaknya signal satelit yang masuk (tidak harus mendapatkan sat ABS 6 terlebih dahulu yang penting indikator signal /intensitas satelit sudah terbaca) cobalah untuk mengerakan dengan perlahan arah dish parabola anda kearah menurun, jika pada bar menemukan intensitas signal hingga beberapa % carilah yang paling maksimal, kemudian lock dulu dish anda. Tekan Pemayaran atau Scan Siaran.
Baca Cara Setting Receiver Parabola untuk Pemula
Perhatikan apakah ada kanal yang terbaca atau tidak, jika tidak ada turunkan lagi secara perlahan dish antena parabola anda hingga mendapatkan intensitas satelit dan lakukan lagi cara seperti tadi hingga anda menemukan hasil scan dengan kanal Sport 5.
Memang sedikit sulit menentukan Satelit Optus D1 sebab rata-rata satelit disekitarnya menggunakan frekuensi Ku Band. Jika cara diatas tadi masih belum berhasil anda disarankan langsung menggunakan LNB Ku Band. Namun saran Saya Anda langsung saja menggunakan Dish Antena Prime Fokus yang dilengkapi dengan Aktuator (penggerak) dan LNB Ku Band dipasang langsung ditengah. untuk lebih jelasnya cara pemasangannya Baca Cara Pasang LNB yang benar
Back To Top