Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Rabu, Mei 06, 2015

Pematik elektrik kompor gas mati total

Dirumah pake kompor gas, macam-macam merk dan type kompor gas dari yang murah sampai yang mahal tergantung uang dikantong, yang mahal tentunya memberi nilai lebih ke pengguna terutama kenyamanan dalam menggunakannya. 

Dulu saya sering gonta ganti kompor, maklum kompor gas yang murahan setahun sekali ada saja masalah yang timbul dan membuat rasa khawatir jika ingin terus memakainya, akhirnya ganti lagi.
Kebanyakan di rumah-rumah golongan menengah ke bawah menggunakan kompor gas dengan pematik manual untuk mengeluarkan percikan api nya. Sekarang banyak juga merk tertentu yang menggunakan pematik elektrik.

Bagi yang menggunakan kompor gas pematik elektrik tentunya tidak asing lagi dengan masalah kompor gas tiba-tiba tidak bisa menyala dan tidak ada suara pematik apinya berbunyi. Ada yang tahu tidak penyebab masalah tersebut. Saya rasa sebagian udah pada tahu mengapa kompor tersebut bisa mati total. 

kompor gas dengan pematik bateraiSebenarnya bagaimana sih kompor gas dengan pematik elektrik itu bekerja, jawabannya sangat sederhana yaitu dengan bantuan elektrik atau menggunakan baterai sebagai penyulut percikan apinya.
Jika baterai dalam kompor gas habis maka tidak mungkin kompor gas tersebut dapat dinyalakan. Atau juga yang biasa terjadi adalah kabel dari baterai yang menuju pematik putus, mengapa bisa putus, pastinya bukan disengaja atau terentuh tangan kabel bateraainya putus apalagi kabel tersebut tersembunyi di balik kompor namun yang jelas kabel tersebut diputus oleh mahluk pengerat yang bernama tikus "Tikus Rumah".
Nah sekarang jadi ngerti ya ternyata kompor gas pematik elektrik  itu menggunakan baterai, baterainya tidak banyak hanya 1 buah baterai karbon atau baterai kering yang biasa untuk remote control tetapi yang berukuran paling besar. Baterai ini bukan jenis baterai recharge tetapi yang biasa saja. Baterai ini berukuran 1.5 Volt yang dipasangkan ke pematik kompor menggunakan kabel dan dilekatkan di bagian bawah kompor gas.

Jika setelah diperiksa ternyata kabelnya ada yang putus segera sambung lagi kabel tersebut atau ganti saja sekalian kabelnya. Baca Juga Cara Membuat Penghisap Asap Dapur (cooker Hood)
Back To Top