Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Kamis, Mei 07, 2015

trik menghilangkan setruman kecil pada peralatan rumah.

Peralatan di rumah anda sering membuat kejutan, tetapi bukan surprise berupa hadiah namun sebuah kejutan setruman listrik saat anda menyentuhnya. Jika hal itu sering dialami kemungkinan ada yang tidak beres pada instalasi listrik anda.

Jika anda sudah mebaca artikel Grounding ROD dan Cara Pasang  anda sudah pasti mengerti sekarang apa fungsi grounding yang harus terpasang di instalasi rumah. Namun saya ada trik khusus buat anda yang belum sempat memperbaiki instalasi listrik di rumah, mungkin anda terlalu sibuk bekerja atau memang belum memiliki kemampuan untuk menginstalasi ulang listrik rumah anda. Berikut akan saya bagikan trik menghilangkan setruman kecil pada peralatan rumah.

Peralatan  yang sering anda jumpai dan selalu membuat kejutan listrik di rumah anda adalah peralatan seperti Kulkas, mesin cuci, PC atau yang lainnya. penyebabnya adalah adanya kebocoran isolasi, tegangannya tidak terlalu tinggi namun bisa membuat anda terkejut dan menjadi takut untuk meyentuhnya. Biasanya untuk menghindari kejutan ibu-ibu dirumah mengakalinya dengan membungkus bagian yang sering disentuh dengan kain kering atau handuk tangan, hal tersebut sebenarnya tidak bisa membuat anda nyaman melakukan kegiatan sehari hari. Nah berikut ada trik khusus agar setruman kecil itu bisa hilang bukan sekedar menghindarinya saja. 

Ambil beberapa 1m kabel tunggal atau kabel biasa disetiap ujung kabel sudah anda kupas sekitar 4 cm, namun sebelumnya anda harus mematikan  peralatan rumah tersebut agar aman dari kejutan listrik. Kemudian cari bagian di peralatan tersebut, biasanya dibagian belakang sebuah sekrup yang tidak begitu berpengaruh pada body alat jika nanti pada saat pemasangan kabel, kemudian kendorkan dan belitkan ujung kabel ke sekrup tersebut dan kencangkan lagi dengan obeng. Sampai disitu anda bisa istirahat sebentar.

Cari di sekitar belakang perangkat tersebut bagian lantai atau bagian dinding paling bawah dimana anda bisa menancapkan sebuah paku kecil, ingat lantai atau dinding harus lantai atau dinding yang dicor dengan cement bukan lantai atau dinding papan/kayu. Kamuadian tancapkan paku, gunakan paku kecil khusus beton agar paku bisa menempel, tidak usah terlalu dalam cukup dengan beberapa milimeter yang penting paku terasa kuat terpasang. Paku bisa anda pasang dicelah-celah antara dinding dan lantai atau dimana saja yang penting pakunya bisa dipasang. 

Setelah paku tadi terpasang dengan baik kemudian tarik kabel yang sudah terpasang di peralatan anda kemudian ikatkan ujung kabel yang sudah dikupas ujung nya tadi dan dibelitkan pada paku tersebut. 
Hidupka peralatan anda gunakan test pen atau jari anda untuk melakukan test. sekarang anda tidak akan kesetrum lagi.

Jika lantai dan dinding rumah anda terbuat dari kayu, anda dapat menganti paku denga sebatang pipa logam yang ditancapkan di dalam tanah lembab yang mempunyai kadar air tinggi. Anda dapat mengikatkan kabel nya pada batang logam tersebut dan menghubungkannya ke bagian body peralatan rumah anda.


loading...
Back To Top