Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Selasa, Juni 02, 2015

Mengenal jenis Kabel multichanel HDMI

Ada beberapa jenis kabel untuk keperluan menyalurkan data video dari PC ke layar monitor, TV dan sebagainya agar dapat dilihat oleh mata kita, sebenarnya fungsi dari berbagai jenis kabel video adalah sama hanya jenisnya saja yang berbeda, kadang beda jenis beda kualitas dan keperluannya.

pada saat sekarang ini banyak kita jumpai misalnya penggunaan kabel HDMI (Hight Definition Mutimedia Interface), kabel ini sebenarnya mewakili keberadaan kabel RCA (biasanya 3 in 1) dan kabel lain yang kegunaannya berbeda, kabel HDMI merupakan kabel dengan fisik tunggal yang isinya sudah memiliki alur untuk Audio dan Video, penggunaan multimedia digital serta multikanal. Dengan menggunakan kabel HDMI dipastikan kualitas gambar juga sangat baik terutama resolusi gambar, makanya banyak digunakan untuk perangkat elektronik (multimedia) yang sudah mendukung kualitas HD.  Jenis yang umum digunakan adalah type A dengan 19 pin yang sudah mendukung transmisi data video kualitas tinggi.Sedangkan yang lebih tinggi lagi yaitu type B 29 pin untuk keperluan transmisi data yang lebih rumit (belum begitu banyak digunakan). perbedaan huruf A, B, C sendiri adalah sebagai berikut. A, B, C adalah perbedaan type konektor. HDMI type A dan C yang saat ini banyak digunakan menggunakan single links, sedangkan untuk type B menggunakan Dual links. Namun karena dengan menggunakan Single links saja, bandwith dihasilkan sangat tinggi, maka type B belum diperlukan. Sampai saat ini HDMI berkonektor type B belum ada yang memproduksi

Sekarang ini banyak interface untuk penggunaan kabel HDMI dengan adapter yang dapat disesuaikan dengan perangkat lain misalnya HDMI ke Perangkat PS3, DVi, USB, VGA dan lainnya. 
Bentuk kabel HDMI Konvensional

Kabel HDMI Flat tentunya memiliki lebih banyak fungsi
Penampang dua jenis kabel HDMI

Kelebihan kabel HDMI adalah dapat mensupport sampai 1920A-1200 HD Video dan 8 Chanel Audio, serta dapat mensupport enkripsi HDCP di beberapa konten HD terkini.
Di jaman ini fitur HDMI port disediakan oleh hampir kebanyakan produk elektronik di dunia sebagai alternatif fungsi digital menggantikan fungsi  standard  analog seperti , composite video, S-video, componen video, coaxial cable, VGA, dan lainnya. Port HDMI bisa digunakan untuk mengkoneksikan seluruh sumber audio dan video berbentuk digital seperti Disc Player, PC, Video game Console, monitor computer, dan telivisi digital serta Blu-ray.

penampang kabel

HDMI mendukung berbagai macam format video pada tv ataupun pc termasuk format standard dan high-definition video. dan mendukung koneksi Consummer Electronics Controls (CEC) dapat dilakukan  hanya dengan 1 kabel saja. Bayangkan jika anda menggunakan analog seperti kabel RCA dan sebagainya, pasti kabelnya banyak sekali. CEC sendiri agar perangkat dengan HDMI  mampu mengontrol satu sama lain jika diperlukan, dan cukup dengan menggunakan remote control.

pembacaan pin pada konektor HDMI 

Kabel /port HDMI memiliki arus listrik dan signal yang sama seperti yang digunakan oleh port DVI (Digital Visual Interface), tidak diperlukan konversi signal dan tidak ada penurunan kualitas video dan suara.

Baca juga Mengenal Kabel Video Component YPbPr, S-Video dan Video Komposit
Back To Top