Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Senin, Agustus 10, 2015

Mengenal Antenna Gendang di Tower Selular

Ada yang bilang benda yang berada di atas tower itu dengan sebutan antenna gendang, biasa juga ada yang menyebut dengan tower pepaya karena bentuknya persis dengan pohon pepaya yang sedang berbuah. Memang persis pohon yang lagi berbuah bukan?, kadang ada yang kecil-kecil buahnya alias mempunyai antenna sedikit dan kecil-kecil. 

Ternyata tower berbuah gendang itu dinamakan tower BTS (Base Transceiver Station), BTS ini di bangun sebagai fasilitas telekomunikasi (tele=jarak jauh) bagi keperluan komunikasi selular atau telpon genggam. Sejak pertengahan tahun 90 an pembangunan insfrastruktur ini sudah mulai dibangun di Indonesia, hingga saat ini pembangunannya sangat pesat ke hampir seluruh wilayah Indonesia bahkan hingga ke pelosok pedesaan hampir merata.

Namun meski pembangunan infrastruktur telekomunikasi selular begitu pesat berkembang, masih banyak masyarakat kita yang belum mengerti mengenai fungsi tower BTS yang ada di lingkungan atau wilayahnya. Sebenarnya BTS selular mempunyai dua fungsi utama, pertama sebagai transmisi untuk memancarkan dan menerima frekuensi radio antara BTS dan Pelanggan. Dimana pelanggan merupakan konsumen yang memiliki telpon genggam. Telpon genggam sendiri memiliki fungsi memancar dan menerima informasi melalui frekuensi radio dari BTS di area tersebut, kemudian dari BTS dengan sistem yang dimilikinya menyalurkan isi informasi yang diterima dari HP ke BTS lainnya secara simultan ke pelanggan lain (lawan bicaranya) yang saling berkomunikasi tersebut dimana lawannya adalah didalam cakupan BTS tersebut atau BTS yang lebih jauh lagi jarak dan lokasinya. Nah disinilah fungsi Gendang atau dalam bahasa telekomunikasi dinamai Antena Link atau antena Microwave Link. Dinamakan Microwave Link artinya menggunakan atau memancarkan frekuensi radio diatas 6 Ghz (frekuensi ini diatur oleh pemerintah dalam penggunaannya) biasanya menggunakan frekuensi kerja 6 Ghz hingga 25 Ghz. Range frekuensi tersebut dinamakan juga frekuensi gelombang micro (microwave link) persis yang digunakan untuk antenna parabola yang memiliki hubungan langsung ke satelit siaran. Antenna tersebut memiliki bentuk parabola atau bentuk tertentu seperti kerucut dan sebagainya dan pada bagian muka biasanya diberi pelindung atau Radome.

Mengapa antena tersebut kadang mempunyai perbedaan fisik, ada yang kecil ada juga yang besar ? nah perbedaan itu tentunya syarat dengan spesifikasi kemampuan antenna mw link yang berhubungan dengan Gain antenna, beam bahkan kapasitas penyaluran data, tentunya semakin besar fisik antenna kapasitas, gain maupun beamnya juga semakin tinggi, termasuk seberapa jauh jarak yang akan di lalui.

Gambar Antena Microwave Link pada BTS Selular:




loading...
Back To Top