Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Minggu, September 27, 2015

Bongkar kabel USB dan Card Reader komplit

Fungsi Kabel USB 

Kabel USB umumnya digunakan untuk keperluan transfer data antar interface baik komputer atau jenis gadget lainnya. dimasa kini sangat banyak digunakan untuk gadget android atau jenis smartphone. Selain kabel usb ada juga usb hub berfungsi sebagai terminal kabel charger (cas) buat berbagai gadget yang tentunya melalui PC atau laptop, juga digunakan untuk pengelolaan data pada memory card.
logo usb bersertifikat
USB logo certified versi 2.0
logo usb
Logo umum  USB versi 2.0
usb type 3.0

Usb logo certified v. 3.0
logo usb versi 3.0
Usb Logo 3.0

Fungsi Card Reader 

Card Reader biasanya terdiri female connector  untuk MS PRO Duo, SD/MMC, M2 dan Micro SD namun biasanya juga sudah dilengkapi konektor USB, mempunyai fungsi sama yaitu untuk pengelolaan data setiap jenis kartu memory yang dipasang.

Jenis konektor USB 

Jenis konektor USB terdiri dari beberapa type sesuai bentuk dan fungsinya, jenis konektor usb tersebut umumnya yang kita kenal seperti konektor Usb Type A, Type B, Mini A, Mini B, Micro AB atau Micro B. Namun ada juga type-type terbarunya seperti : Versi usb 3.0 ke atas dan type C
Jenis konektor USB
Jenis konektor USB 2.0 yang umum digunakan
perbedaan jenis dan type usb

Hubungan fungsi antara Kabel USB dan Card reader

Antara card reader dan kabel atau konektor USB sangat erat kaitannya dan saling mengikat fungsinya, konektor USB yang ada pada box atau terminal cardreader berfungsi sebagai penyalur data dari berbagai memory card tersebut, tanpa kabel atau konektor USB card reader tidak akan berfungsi (khusus card reader portable). lihat gambar dibawah ini :
gambar card reader
Card Reader 

Cara mengetahui Pin USB

nah sebenarnya sudah dapat dilihat pada gambar di atas letak pin masing masing usb tersebut namun tidak semua gambar menampilkan penamaan pin usb sehingga perlu tambahan gambar untuk masing-masing type seperti berikut ini saya contohkan untuk usb v.2.0 :
fungsi masing-masing pin usb 2.0
fungsi masing-masing pin usb 2.0
loading...
Back To Top