Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Senin, Oktober 19, 2015

Membuat Power Supply 12VDC 10 Ampere

Rangkaian power supply 12VDC 10 Ampere 

Komponen Power supply 12V 10 Ampere

Diperlukan paling tidak sebuah transformator 10 Ampere atau lebih dengan sekunder 24Vac, dioda jembatan dipasangkan untuk mendapatkan rata arus sebelum melewati kondensator 47000uF.

Antisipasi menggunakan transformator lebih dari 10 Ampere adalah untuk keperluan memodifikasi rangkaian diatas menjadi power supply dengan arus yang lebih besar (anggap saja hingga 30 A) yang tentunya memerlukan penambahan komponen penting yaitu Transistor TIP2955. Untuk diketahui sebuah transistor TIP2955 akan menghasilkan arus rata2 5A sehingga untuk kelipatannya dapat anda hitung sendiri. Transistor tersebut dapat anda tambah atau kurangi sesuai arus keluaran power supply yang diinginkan dan jangan lupa untuk menambah Resistor 0.1 ohm 5watt pada masing-masing transistor.
Power Supply menggunakan Transistor TIP2955
Rangkaian Power Supply 12V 10 Ampere 

IC LM7812C di sini digunakan untuk membatasi tegangan output dengan stabelyze 12V DC yang diamankan dengan fuse (sekring) 1A guna mengantisipasi transien arus tinggi dari output transisistor maupun beban.Sedangkan output dari IC LM7812C ini sebesar 800mA. Untuk Diode Jembatan diusahakan mempunyai kekuatan arus kerja lebih dari 10 Ampere dan Resistor 100 Ohm 0.5Watt sebagai pemisah untuk masing-masing penguatan dari transistor tersebut. 

Power supply 12V 10 Ampere ini lebih baik dirakit sesuai gambar, terutama pada penambahan 2 buah fuse (sekering) ini untuk keamanan penggunaannya. Lengkapi Transistor TIP2955 dengan heatsink  berukuran besar jika perlu tambah lagi dengan memasang fan (blower). Jika sahabat kreatif bisa ditambah Volt meter ataupun Ampere meter, untuk membuat power supply 10 ampere  fuse 30A dapat anda ganti dengan 10A saja.

Baca : Membuat PS Travo Stepdon dan Switching PS
          Membuat Charger accu Otomatis

Anda juga bisa membuat Power Supply dengan output Variable 0-12 Volt  seperti gambar berikut ini, Anda hanya perlu menambahkan Dua Buah Resistor sebagai kontrol keluaran yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan.

Rangkaian Power Supply Variable
Power Supply Variable
Back To Top