Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Senin, November 02, 2015

Cara isi ulang catridge Printer HP

Permasalahan Isi Ulang Catridge Printer HP 

Printer HP dirumah sudah lama nganggur, ini dikarenakan ada permasalahan Isi Ulang Catridge Printer HP ku yang membuat kepala berdenyut-denyut kesulitan mencari solusi bagaimana cara mengisi ulang (refill) tinta catridgeprinter dengan merek HP (Hawlett Packard) ini.

Masalahnya bukan pada pengsian ulang tinta, namun lebih pada proteksi printer produk HP yang begitu sulit ditembus. Bayangkan saja sudah bertahun-tahun saya mencari cara bagaimana meng-akali proses reset printer HP ini, baik dengan bertanya keteman-teman di kantor maupun di semua artikel tentang printer HP, namun hingga sekarang belum menemukan jalan keluar.

Nah ini rahasia catridge HP yang mungkin selama ini belum kita ketahui, sebenarnya catridge printer HP yang sudah terkuras habis maka masa pakainya menurut sistem dalam printer tersebut juga habis alias otomatis rusak sendiri atau tidak dapat lagi digunakan. Oleh sebab itu kita selalu diberitahu bahwa untuk melanjutkan penggunaan printer harus membeli catridge baru. Dan seperti yang kita tahu bahwa harga catridge printer HP jauh lebih mahal daripada catridge printer pada umumnya meskipun pada kenyataanya harga printer merk HP sendiri tergolong lebih murah dari printer merk lainnya, ini lah yang membuat kita mau tidak mau harus siap menanggung resiko jika membeli produk printer merk HP. Resiko dalam hal ini bukan berarti tidak mempunyai keuntungan karena merek HP ini tetap konsist dengan kualitas produk nya yaitu dengan menjamin kualitas hasil printing tetap bagus dan bertahan lama selama kita konsist menggunakan catridge bawaannya tanpa harus melakukan isi ulang (daur ulang hehe).

Cara isi Ulang Catridge Printer HP 

Bagi yang bersikeras ingin mengisi ulang catridge printer HP berikut cara mudah isi ulangnya. Untuk mengisi ulang catridge HP sebenarnya sama dengan mengisi catridge printer merk lain, yaitu dengan membolongi (membuat lubang manual) pada fisik catridge. Lalu kemudian dengan jarum suntik khusus catridge tinta kita masukkan perlahan. Untuk catridge yang  permukaan "printhead " nya sudah mengering dapat di lakukan perendaman dengan menggunakan air panas (printheadnya saja) lalu kemudian di usap-usap menggunakan tissu halus sampai tintanya keluar dan terlihat di tissu. Usahakan mengisi tinta catridge printer HP ini tidak terlalu penuh cukup sedikit saja, ini untuk mengurangi resiko "kerusakan" yang lebih parah.

cara isi ulang catridge Printer HP
Lubang untuk isi ulang tinta catridge HP
Reset Ulang Printer HP 
Cara mengisi ulang tinta catridge merk HP sudah kita bahas, sekarang saatnya untuk menggunakan catridge hasil isi ulang versi PASANG KABEL. Lepas kabel Data (kabel printer) lepas pula kabel power printer. Kemudian setelah 10 detik pasang ulang kabel data nya, setelah itu pasang lagi kabel powernya dan siap-siap untuk dinyalakan.
Ada yang ketinggalan ya... 
Pasang catridge pada dudukan catridge biasanya catridge warna hitam di sebelah kiri dan caridge berwarna di sebelah kanan. Tutup kembali penutup catridge dan tutup cover peinter saatnya melakukan initial printer. 
Matikan Printer dengan menekan tombol power.

Saat terdeteksi di layar monitor perihal catridge tidak terpasang atau catridge tidak sesuai yang diinginkan atau pada panel printer terbaca error maka gunakan cara sebagai berikut :
  • Matikan printer dengan menekan tombol power.
  • Tekan bersamaan tombol power dan tombol resume termasuk tombol cancel (jika ada).
  • Perhatikan indikator lampu power printer jika sudah menyala biarkan beberapa detik (sekira 10 detik), kemudian lepas tombol resume dilanjutkan dengan tombol cancel (lakukan berulang-ulang hingga 3 kali).
  • proses ini biasanya memerlukan waktu sampai pada akhirnya anda mendapatkan indikator error pada printer dan di menu aplikasi komputer nya sudah ok.
  • Kemudian matikan printer dengan menekan tombol power dan hidupkan kembali, jika indikator masih error lakukan sekai lagi hingga error nya menghilang dan printer siap digunakan. 
  • Cobalah untuk melakukan service internal sistem pada aplikasi printer di komputer anda. misalnya head cleanser dan sebagainya.

Tambahan untuk pemasangan ulang atau reset printer merk HP ini dengan melakukan pembersihan kontaktor Pin Catridge (biasanya ada pada bagian bekalang catridge) caranya basahi tissu dengan cairan contack cleaner (biasanya cairan ini digunakan untuk peralatan elektronik)  lalu usap/gosok bagian kontaktor catridge tersebut sampai bersih dan terlihat cerah kembali dari lapisan asam. (kontaktor pin ini jika sudah lama akan buram dan dilapisi zat asam karena terkena udara).

Cara Isi Ulang dan membersihkan catridge printer HP
Pin Contact Catridge 
Demikian cara mengisi ulang tinta catridge printer HP dan cara reset printer merk HP, semoga dapat membantu dan bisa berguna bagi anda. Baca Juga Beberapa Hal Penyebab Printer Gagal Sharing.
loading...
Back To Top