Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Minggu, Desember 13, 2015

Membuat Box speaker Single Bandpass Bass dengan pipa PVC Paralon

Hari ini saya coba membuat desain box speaker untuk Bass. Karena Bass pada frekuensi rendah ini sangat masuk akal untuk sebuah sound system handal agar enak didengar ditelinga. Tanpa bass yang mantap musik yang mempunyai beat tajam sayang dilewatkan tanpa di lengkapi speaker Bass yang memadai dan berkualitas tinggi.

Dirumah ada beberapa desain box speaker kreasi sendiri yang boleh dibilang kualitasnya mumpuni, rahasianya adalah cara kita mendesain dengan mempelajari aeroreflexi (Transmision Line) terhadap getaran-getaran yang muncul dari frekuensi rendah tersebut dari getaran yang bersumber pada speaker woofer kita. Salah menempatkan sekat gerak gelombang suara dalam box speaker membuat kualitas suara menjadi tidak maksimal, contoh misalnya suara menjadi cempreng ataupun mendem tak keruan.

Box desain saya ini boleh anda pandangi saja atau boleh juga anda buat sekarang, tidak perlu dikagumi tapi boleh saja anda tertawakan sepuasnya, namun jika anda berniat membuat seperti gambar jangan ragu untuk menilai dan memberi response positif ke saya. 
Box speaker dengan transmision Line pipa PVC Paralon
Diagram dalam Box Speaker Sub

Box Speker transmision Line Paralon
Tampak atas


Tidak usah ragu-ragu langsung praktek saja, lihat juga gambar lainnya di sini : 

box speaker Sub dengan transmision Line Paralon
Tampak atas bagian belakang

box speaker Sub dengan transmision Line Paralon
tampak atas bagian depan

box speaker Sub dengan transmision Line menggunakan Paralon
Tampak depan
Untuk pemasangan paralon (PVC) dapat anda buat seperti gambar dibawah ini :

cara pemasangan pipa pvc transmision line

cara pemasangan pipa pvc transmision line

Untuk pemasangan terminal kabel terserah masing-masing kreasi anda, mau di depan, di belakang ataupun disamping, dan untuk meningkatkan kualitas suara anda dapat memberikan filter/peredam  busa/gabus pada ruang pipa PVC berada (ruang samping kiri dan kanan transmision line) ingat peredam tersebut hanya diletakkan di luar pipa jangan didalamnya dan hanya diruang sekat tersebut jangan ditempat lainnya.

Back To Top