Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Minggu, Februari 21, 2016

Cara Memperbaiki Power Bank

Power Bank Rusak 

Jika anda mempergunakan power bank untuk backup pengisian HP tentunya sering menemukan gejala kerusakan, macam-macam gejala kerusakannya seperti misalnya kerusakan power bank yang tidak mau charging hp, indikator led yang tidak menyala, power bank tidak bisa di cas dan lain sebagainya, sehingga sangat menjengkelkan pada saat ingin digunakan.


Jenis kerusakan Power Bank dan Penyebabnya

Seperti yang telah dijelaskan diatas banyak jenis kerusakan pada power bank, penyebabnya juga ada bermacam macam, seperti karena terjatuh dan terbentur keras ke lantai dan pecah sehingga menyebabkan beberapa komponen di dalamnya ikut terlepas dan anda kesulitan untuk memasangnya kembali. Ada juga yang disebabkan karena tidak sengaja tercelup ke air, biasanya jika hal ini terjadi maka komponen elektrik di dalam power bank mengalami gangguan yang mengakibatkan kejutan sirkuit (pingsan) alias mati suri. Jika hal itu terjadi cepat lakukan hal-hal sederhana seperti mematikan Power bank anda segera atau membuka segera power bank tersebut lalu memutuskan arus yang masih mengalir. Beberapa kerusakan yang sering di alami oleh konsumen pengguna power bank adalah Lampu power bank tidak menyala, Lampu Power Bank Berhenti Berkedip, Power Bank Tidak mau di Cas (charge). 

Cara memperbaiki Power Bank

Power bank dikemas dengan sangat rapi, ini untuk menghindari berbagai kemungkinan dapat kemasukan benda-benda asing atau cipratan air yang tentunya sangat membahayakan peralatan elektrik yang ada didalamnya. Jika terjadi kerusakan tentunya anda yang awam terhadap benda elektonik akan menjadi bingung akan berbuat apa. Namun jika anda adalah seorang kreatif dan selalu ingin tahu pasti akan penasaran untuk langsung mencari tahu apa yang terjadi pada power bank anda, Nah untuk para cewek yang tentunya sangat minim atau bahkan merasa bongkar pasang alat bukan pekerjaannya maka serahkan ke kerabat terdekat yang mau melakukannya maksudnya adik cowok atau abang cowok atau pacarnya juga bisa untuk di uji memperbaiki alat power bank kesayanganmu itung-itung untuk mengukur seberapa cinta dan sayangnya doi ke kamu. hihi.
Lanjut cara memperbaiki power bank yang bermasalah.


Bongkar Power Bank
Isi daleman power bank


Power Bank rusak terendam air

Jika anda mengalami hal tersebut lakukan cara-cara seperti berikut ini :
a. Lepas box Power Bank Chasing) kamu, sebelum dicongkel pastikan setiap lingkar pinggiran yang akan di buka diolesi minyak anti lem, gunakan saja misalnya minyak kayu putih pastikan meresap ke celah-celah chasing, atau anda bisa gunakan bahan lain yang lebih bagus sehingga lem yang ada disela-sela chasing menjadi lembut dan chasing mudah di bongkar. Gunakan obeng khusus pembuka chasing yang biasa igunakan oleh montir hp, atau bisa gunakan obeng yang kecil (-) saja. 
b. Setelah anda berhasil membukanya cari bagian yang dekat dengan lobang-lobang pengisian seperti bagian konektor usb dll. kemudian telusuri air yang mungkin masuk dan kemana saja air tersebut bergerak.  Jika sudah demikian dan air itu ternyata sudah ada didalam power bank anda usahakan dibersihkan dan dikeringkan bisa juga dengan meniup niup dan dijemur diterik matahari sampai benar-benar kering. Lakukan pengetesan dengan mencharge power bank setelah itu test menggunakan HP, jika normal berarti anda hanya perlu memasang kembali chasing tadi. 

Konektor USB Power Bank Rusak 

Jika anda mengalami hal ini tentunya untuk memperbaikinya perlu ketelitian dan pengalaman yang mumpuni. Karena jika konektor power bank (USB) anda bermasalah dan ternyata memang sudah tidak memungkinkan lagi diperbaiki lakukan hal-hal sebagai berikut :
Siapkan Peralatan service (Solder, timah solder, kaca pembesar) karena ini memerlukan ketelitian dan kecermatan dalam memperbaikinya atau jika tidak mampu serahkan ke montir nya saja pasti langsung cepat selesai. 
Setelah chasing dibuka kemudian posisikan pcb power bank anda ke posisi yang nyaman untuk di "operasi usus buntunya", maksudnya konektor yang rusak tadi. Dengan menggunakan kaca pembesar goyang-goyang perlahan bagian konektornya perhatikan menggunakan kaca pembesar bagiam kaki usb yang mana yang mengalami kelonggaran aau terlepas atau bahkan mungkin ada yang patah. Jika sudah terlihat kemudian bersihkan bagian tersebut dan langsung dipanaskan menggunakan solder tambahkan timah dibagian yang longggar atau patah tadi dan jika dirasa sudah kencang kembali lakukan test (dicharge atau di gunakan untuk charge hp anda) jika normal maka anda tinggal memasang kembali chasingnya.

Untuk baterai power bank yang diindikasi sudah soak atau tidak normal lagi sehingga harus diganti, dapat anda baca di Cara Mengganti Baterai Power Bank

Demikian sedikit pengalaman memperbaiki power bank, jika ada yang masih perlu dipertanyakan silahkan berkomentar semoga saya dapat menjawabnya untuk memberikan solusi.


loading...
Back To Top