Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Selasa, Maret 15, 2016

Lampu Taman / Lorong dengan Dua Saklar Tukar Terpisah

Untuk menginstalasi saklar tukar jika anda bermaksud dapat menghidupkan atau mematikan lampu dengan saklar terpisah jauh tanpa harus mondar-mandir. Kegunaan istalasi dengan menggunakan saklar tukar atau switch toggle atau saklar hotel ini diperuntukkan dalam ruang panjang biasanya berlorong atau gang seperti tempat penginapan, hotel  atau untuk keperluan lainnya seperti antar ujung tangga gedung atau rumah agar lebih efesien.

Saklar tukar mempermudah kita melakukan pekerjaan yang memerlukan gerak cepat dan mengurangi pemakaiannya listrik di posisi berbeda untuk menyalakan atau mematikan lampu listrik, Membantu kita tetap dalam ruang diterangi lampu saat berjalan dilorong atau gang pada ruang lalu mematikan di ujung lorong lainnya setelah kita sampai ke lorong atau ujung gang tersebut.

Berikut Contoh Gambar Instalasi Saklar Tukar :

Instalasi Saklar tukar
Klik untuk memperbesar gambar

Dengan melihat gambarnya di atas ternyata instalasinya sangat sederhana dan sepertinya mudah dilakukan, Anda dapat menggunakan satu kabel 3 in 1, dengan ukuran disesuaikan. Bisa berupa kabel NYM khusus yang dapat ditanam didalam tanah ataupun bisa dengan kabel biasa (NYM) ukuran standard. Gunakan Saklat Engkel atau biasa disebut orang Saklar Hotel. Contoh Saklar engkel seperti gambar berikut , Silahkan mencoba.

Contoh GAmbar Saklar Listrik Jenis Engkel
Saklar engkel/Saklar Hotel

loading...
Back To Top