Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Rabu, Maret 16, 2016

Membuat Pemanas Air (Aircon Water Heater) memanfaatkan Semburan Panas AC

Memanfaatkan panas dari unit outdoor AC rumah sebagai pemanas air adalah topik kita kali ini. Artikel ini saya persembahkan untuk anda yang dirumah menggunakan Air Conditioner (AC). Berawal dari membaca beberapa artikel kalangan blogger yang banyak membahas pemanfaatan ac yang dimodifikasi menjadi pemanas air. Bahkan AC dengan pemanas air sekarang ini sudah dibuat dalam jumlah yang tidak sedikit alias sudah diproduksi massal, namun tentunya ada harga tinggi yang harus anda bayar untuk unit tersebut sebab sudah dalam satu paket.

Berbeda dengan unit ac khusus yang kita bicarakan tersebut dan jauh pula dari angan kita untuk bisa merasakan kualitas yang lebih baik tentunya lebih mahal seperti yg sering kita lihat pada atap rumah mentereng lengkap dengan solarcell tentunya, namun sekedar berbagi kreatifitas sebagai orang menengah kebawah, saya ingin sedikit menyimpang dari topik umum "membuat pemanas air dari AC" sekarang diubah namanya menjadi "penghangat air" saja sebab jika terlalu panas malah kulit bisa melepuh, hehe. 

Berikut cara pembuatan dan bahan untuk membuat pemanas air (water heater) ala Pasang Kabel :

Tangki air kecil yang terbuat dari bahan metal terserah anda baik menggunakan aluminium dengan pesanan khusus atau bisa juga dari tempat sampah stainless yang masih baru. Siapkan wadah / alas untuk meletakkan disejajarkan dengan bagian bawah blower (unit outdoor) AC. Dudukan dibuat terpisah dari outdoorbox tadi dan dibuat pas di bagian dimana udara panas dari ac menyemburkan udara panasnya. Buat juga dinding pelindung tangki yang disesuaikan dengan lekukan tabung tangki air dan ujungnya usahakan dibuat terbuka sedikit dan dilipat ke dalam dengan maksud panas udara lebih optimal memanaskan tangki.
Sketsa pembuatan tangki pemanas air
Pada bagian bawah tangki buatlah 1 buah lobang untuk menyalurkan air panas keluar yang nantinya akan disalurkan sampai ke kamar mandi anda. kemudian jangan lupa untuk memasang sebuah pipa masuk ke tangki untuk mengalirkan air yang akan dipanaskan, jika memungkinkan dapat dipasangkan auto cut water (keran pelampung) di dalah tangki agar air tidak tumpah.  Terakhir jangan lupa untuk membuat penutup sekat tangki tadi agar udara tidak lepas ke bagian atas.
Anda dapat melihat gambar 3D seperti dibawah ini :




Demikian Cara Membuat Pemanas Air (Water Heater) atau lebih tepatnya penghangat air untuk mandi dengan memanfaatkan Panas AC, semoga bermanfaat.

loading...
Back To Top