Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Sabtu, Maret 19, 2016

Membuat Pemanas Air Kopi atau Teh Hemat Listrik Menggunakan Solder

Kopi sudah dingin rasanya kurang nikmat, Kopi yang lupa diminum berjam-jam ditinggal kemudian dingin, tidak enak diminum. Dimasyarakat tertentu kopi yang sudah dingin biasanya dibuang begitu saja meski belum diminum, dilain dunia kopi meskipun dingin tetap saja diminum dengan rajin dipanaskan kembali, dimasak atau dipanaskan menggunakan teko pemanas air. Saatnya membuat Pemanas air kopi atau air teh, atau bisa juga air Jahe dingin kita panaskan dengan alat buatan kita yaitu pemanas air kopi atau jahe hemat energi dan murah menggunakan Solder 30 Watt. Penasaran tentunya.

Berikut Cuplikan Pemanas Air Kopi atau Teh Menggunakan  Solder 30 Watt. 
Beli dulu solder baru yang harganya murah, atau solder bekas yang jarang dipakai karena sudah ada pengganti. seperti Gambar berikut :

Solder Listrik
Pertama Lepas Dulu Sekrup dan Mata Soldernya, sebab kita akan memasukkan batang solder tersebut pada batang pipa aluminium seukuran batang solder tadi. Namun Sebelumnya diukur dulu panjangnya atau dipress dulu salah satu ujung batang Aluminium dengan kuat agar air tidak bisa masuk saat direndam dalam gelas. Baru kemudian dipotong sesuai panjang batang solder.

Pipa Aluminium tebal yang sudah diukur

Seperti digambar atas, usahakan pilih pipa aluminum tebal yang berukuran pas ke batang solder, agar tidak perlu lagi memasang baut atau jika terasa masih kendor gunakan lembar kertas timah dan digulung ke batang solder sampai benar benar pas saat dimasukkan/dipasang. (bisa juga menggunakan pipa aluminium biasa atau menggunakan pipa dari bahan stainless steel.

Anda juga perlu mempersiapkan penutup wadah gelas, tentunya yang anti leleh atau anti panas atau gunakan saja apa yang ada dirumah atau dibengkel yang penting bersih dan tidak mengandung zat tertentu saat terkena panas. Selain sebagai penutup gelas bisa digunakan sebagai penahan batang solder agar tidak tenggelam ke air gelas, maka harus betul-betul pemasangannya dan pas di gagang solder. Jika mau dilem dibagian tutup atas saja sehingga tidak bercampur dengan uap air dari dalam gelas. Berikut ini gambar yang saya buat agar lebih jelas saya beri judul : Pemanas Air Kopi Murah, Hemat Listrik (30Watt saja) buatan sendiri.


Pemanas Air Kopi yang sudah jadi
Harap berhati-hati, amankan bagian coil solder dari rembesan air, gunakan aluminium yang bagus dan press ujung nya dengan kuat. Usahakan ada lubang kecil yang dibuat pada penutup wadah gelas untuk sirkulasi udara / uap, bersihkan selalu pipa aluminium tersebut setelah digunakan dan yang terakhir adalah gunakan bahan yang aman dari berbagai zat beracun lainnya. Jika merasa tidak bermanfaat atau membahayakan harap jangan dipraktekkan dirumah, sebab ini hanya sebatas kreatifitas saja. Karena kesehatan lebih penting daripada kecerdasan otak kita.

Back To Top