Pasang Kabel

Belajar membuat, memperbaiki, memasang dan memahami cara kerja peralatan elektronik dan listrik

Senin, Mei 23, 2016

Tegangan 5V USB untuk supply Speaker Aktif Komputer

Saudara-saudara pasti sangat mengenal ketersediaan koneksi USB pada  perangkat terutama pada PC atau Laptop. Disana pasti disediakan koneksi untuk berbagai keperluan penggunaan PC atau Laptop seperti buat kabel/Wireless Dogle Mouse,  lampu baca, dll. Perlu diketahui bahwa selain memiliki pin untuk transfer data pada konektor USB disediakan tegangan +5V yang bersumber dari PSU PC atau Laptop sehingga biasanya dapat kita jadikan charger untuk mengisi baterai HP atau bahkan untuk supply tegangan buat Speaker Aktif.

Dengan sumber arus yang mumpuni yaitu sekitar 30A untuk penggunaan PC dan Pada Laptop berkisar 9A, besar sekali bukan?. oleh karena itu kita dapat memanfaatkannya untuk berbagai keperluan termasuk untuk mensupply tegangan Power Amplifier Mini tentunya dengan sumber suara dari PC atau Laptop itu sendiri.

Dengan rasa penasaran bagaimanakah "isi dalam" dari salah satu Speaker Aktif  yang sedang kita bicarakan tersebut : 
Isi speaker Aktif menggunakan tegangan USB

Ternyata komponen pendukung untuk pembuatan Spekaer aktif Komputer atau laptop yang menggunakan tegangan dari sumber Konektor USB tersebut sangat sederhana dan biasa-biasa saja. Tentunya hanya penggunakan komponen dengan supply tegangan +5V saja dan tambahan komponen lain yang dibutuhkan untuk sebuah pengeras suara, dan Suara yang dihasilkan sangat bagus karena didukung oleh sebauh tegangan dengan Arus yang lumayan besar. 

Berikut gambar PCB lainnya :

PCB Inside USB PA Speaker Aktif

PCB Inside Spekaer Aktif USB

Semoga bermanfaat.


Back To Top